Kamis, 26 Juli 2012

WAR & SECRET MISSION KAPAL SELAM INDONESIA

WAR & SECRET MISSION KAPAL SELAM INDONESIA 






Sejak tahun 1059 indonesia sudah punya satuan kapal selam...banyak misi rahasia di lakukan secara senyap...
1958 ada 110 anggota TNI di kirim belajar secara rahasia ke rusia,memang hubungan barat dan rusia saat itu sangat panas...
Dari surabaya mereka berangkat dengan kapal laut menumpang kapal Heinrich Jensen berbendera denmark..agar tidak ketahuan misi mereka sebenarnya.
Tujuan mereka mendarat di Reijka(yugoslavia),...setelah sampai disana rombongan langsung naik kereta api ke polandia lewat ceko& hongaria,perjalanan ini dilakukan nonstop,sambil mengejar waktu dan titik aman agar tak diketahui dunia barat...
Selama 9 bulan penuh mereka dilatih mengendalikan kapal selam dan pertempuran di GLANDZ,dan praktik berlayar dengan kapal selam di laut baltik

   Setelah menjalani training keras ini,misi belum berakhir,mereka disusupkan lagi dengan kereta trans siberian, perjalanan menempuh 9 hari nonstop,dan tujuan yg dituju adalah VLADIVOSTOK...disana sudah siap menunggu kapal selam kelas whiskey,yang akan dibawa para prajurit ini menuju surabaya

   Tanggal 7 september 1959 sore,kapal selam ini tiba2 menyembul ke permukaan pelabuhan surabaya,...kapal selam dengan panjang 76 meter & membawa 12 torpedo ini merapat di dermaga surabaya.....
setelah menjalani upacara adat kedatangan...diberi nama kedua kapal selam ini KRI TJAKRA/S 01 & KRI NANGGALA/S 02

   Disusul kemudian gelombang ke dua,pada desember 1961...datang 4 kapal selam...
pada gelombang ke 3,desember 1963 ...datang lagi kapal selam sebanyak 6 buah,dengan membawa torpedo terbaru paling menakutkan didunia,dan hanya rusia dan indo yg punya...torpedo SEAT 50

   Bukannya bisa enak2 an setelah kedatangan ke 12 kapal selam ini,...para prajurit malah langsung di berangkatkan pada misi perang vs belanda...dalam operasi JAYA WIJAYA
3 kapal selam di perintahkan lakukan infiltrasi ke pantai utara irian jaya....iring2 kapal selam ini ketahuan belanda,akhirnya mereka menyelam dan menghilang....tapi ada 1 kapal selam yg berbalik arah di dasar lautan...dan berhasil mendaratkan pasukan khusus yg bertugas mencari data intelejen kekuatan lawan,ya 15 orang pasukan khusus berhasil didaratkan kapal selam KRI TJANDRASA yang di komandani Mayor mas Mardiono,..kapal selam ini berhasil mendaratkan 15 pasukan di tanah merah,30 km dari sentani pada 21 agustus 1962....setelah berhasil menyusupkan pasukan..kapal selam ini kembali menyelam diantara kapal2 perang belanda..dan kembali ke pangkalan 

36 JAM MENUJU KEMATIAN

1962 berangkat 2 kapal selam kRI NAGABANDA& KRI TJANDRASA yang berangkat dari surabaya,..kapal selam ini di komandani Letkol Purnomo.
Tujuan kapal selam ini lakukan pengintaian dan penyusupan terhadap fregat2 belanda...tujuan misi adalah bagian utara irian jaya,kapal selam ini lakukan misi melewati teluk halmahera...dalam perjalanan misi tempur ini,kapal selam hanya muncul di permukaan kalau malam hari ,kalau pagi hingga sore kapal selam ini sembunyi didasar lautan

Indonesia merupakan segelintir negara di dunia yang sejak awal, telah mengoperasikan kapal selam untuk operasi tempur dan operasi pertahanan di laut. Uji coba kapal selam buatan sendiri, bahkan, telah berlangsung pada 1947 di Sungai Bayem, Yogyakarta. Walaupun hasil karya Ginagan, anggota tentara di Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) itu lebih pada pengobar semangat daripada taktis operasional.

Baru pada tahun 1959, ALRI mulai diperkuat dengan kapal-kapal selam Whiskey-Class, buatan Uni Sovyet. Akumulasi kekuatan pemukul taktis dan strategis di laut ini mencapai 12 kapal selam di tahun 1962. Inilah kekuatan yang mengagumkan sekaligus menakutkan dan terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Betapa tidak, kehadiran kapal-kapal selam RI, saat Operasi Trikora, sukses mengepung Irian Barat, mengadakan operasi pengintaian dan menyusupkan pasukan komando ke daratan Irian. Sukses ini membuat Belanda mengurungkan niat berperang terbuka dengan Indonesia. Penjajah itu akhirnya menyerahkan Irian Barat ke pangkuan Ibu Pertiwi.

Berkat kekuatan besar itu pula, negara-negara adidaya tidak berani sembarangan melewati perairan Nusantara tanpa izin. Betapa kapal induk Inggris, HMS Victorious, harus siaga penuh saat melewati Selat Lombok pada 1964, namun tetap saja bisa dicegat oleh kapal selam Indonesia. Mereka tak berani sembarangan karena dibayang-bayangi terus sampai meninggalkan perairan Nusantara.

Di lain kesempatan, kapal selam Indonesia, dengan mudah, bisa menyusup ke perairan pantai utara Australia. Lalu, berikutnya bisa masuk ke pelabuhan Singapura. Kapal-kapal selam itu bisa leluasa berkeliaran di perairan tersebut tanpa terdeteksi.

Pada malam ke 4,kapal selam ini tengah ada di perairan biak papua,..kapal selam tengah berlayar dengan keadaan di permukaan,sekitar pukul 00.15 komandan kapa tiba2 berteriak2 pada awak kapal..."Menyelam cepat,menyelam cepat....keparat mereka tau keberadaan kita"..
Sambil terengah engah Mayor Tjipto wignjo prajitno,perintahkan segera menutup palka atas kapal selam dan secepat mungkin menyelam...ternyata ada kapal pengintai belanda Neptune yg mengetahui kehadiran kapal selam ini dari arah belakang...
kapal selam langsung tenggelam kedasar laut....

dan benar pesawat pengintai neptune belanda kirimkan kabar pada kapal destroyer belanda....sesaat kemudian 2 destroyer mengejar penampakan terakhir kapal selam indonesia...
2 destroyer memburu kapal selam Nagabanda...
Nagabanda lakukan manuver penyelaman di kedalaman 50 m...kemudian 2 destroyer belanda menjatuhkan sonar sonoboy untuk mencari keberadaan kapal selam indonesia,kapal selam nagabanda makin dalam menyelam sekitar 70 m,..destroyer belanda murka,hujan bom laut ditebar dimana2..kapal selam nagabanda lakukan manuver zig zag...dan bumm,kayaknya ada bagian dari kapal selam yg kena...Komandan perintahkan matikan semua mesin listrik

sesaat seakan main petak umpet antara kapal selam dan 2 destroyer belanda...Komandan kapal selam Nagabanda perintahkan arahkan kapal selam ke perairan" laut cair"..dimana kadar garam sangat tinggi...disitu kapal selam akan berhenti dan mengapung,juga guna hindari deteksi sonar.Ketegangan memuncak..kapal selam berhenti di dasar lautan,oksigen cadangan menipis,udara sangap pengap dan panas,tapi semua prajurit tabah jalani pertempuran itu,bahkan tiap langkah dan gerakan awak kapal selam diatur agar tidak menimbulkan efek2 suara....
setelah bertahan dalam hujan bom laut selama 36 jam,...kapal selam mencoba berspekulasi untuk muncul di permukaan air.

Tepat pukul 24.00 malam ,komandan perintahkan awak kapal memompa air dari dalam kapal keluar kapal selam,agar bisa mengapung,..benar belanda sudah pergi,dikira mungkin kapal selam sudah tenggelam atau sudah berhasil lolos.....Komandan perintahkan menuju ke laut halmahera untuk mengecek kondisi kapal,dan benar sayap2 kemudi kanan kiri kapal selam rusak kena bom....dengan segala usaha dan perbaikan ala kadarnya,kapal selam diarahkan ke surabya untuk jalani perbaikan...
TABAH SAMPAI AKHIR..ITULAH PRAJURIT KAPAL SELAM  !!!

36 jam pertempuran dasar laut ini mirip peristiwa pertempuran kapal selam jerman U 571...bedanya logistik mereka masih banyak,sedang peristiwa pertempuran kapal selam indo ini lebih berlarut2 hingga logistik kapal selam indo kritis,dan awak kapal dalam kondisi hadapi kematian,tapi mereka ksatria2 gagah yg tabah sampai akhir.

Comments
0 Comments
Komentarnya yang sopan sopan aja ya mas bro mbak bro ^_^

0 komentar:

Posting Komentar